Persatuan dan Kesatuan Indonesia ( Kelas VII)
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Guru : Umigiarini Pangestu
Jadwal : senin, 11 November 2024 (Kelas 7)
Kelas : 7
Jam Pelajaran : 12.45-13.20
Materi : Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daeraha
Capaian Pembelajaran:
- Peserta didik memahami bentuk pemerintah yang berlaku dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tujuan pembelajaran :
Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, peserta didik dapat :
- Peserta didik mampu menjelaskan pembentukan Indonesia sebagai negara kesatuan.
- Peserta didik mampu memahami dan menghargai wilayah negara Republik Indonesia dan karakteristik daerahnya
Assalamualaikum selamat pagi anak soleh & soleha.
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan. Mari kita pembelajaran kita hari ini dengan mengucap syukur kepada Allah agar senantiasa nikmat yg telah diberikan bisa menjadi karunia. Rasa syukur kita kepada Allah bisa kita tunjukan dalam bentuk taat beribadah & tetap semangat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yg kita lakukan bisa menjadi ladang Pahala untuk kita semua. aamiin
Pada pertemuan kita hari ini, ibu akan menjelaskan tentang Kesatuan Indonesia dan Karakteristik Daerah.
1. Wilayah Negara Indonesia
Wilayah negara Indonesia merupakan kawasan kepulauan di sekitar garis khatulistiwa yang berada di Benua Asia dan Australia. Senada dengan Yamin, Ir. Soekarno dengan mengutip Kitab Negarakertagama, wilayah Indonesia mencakup daerah-daerah dari Sumatera hingga Papua.
Batas wilayah Indonesia yaitu:
- Selatan: Laut Indonesia, Laut Arafuru, negara Australia.
- Timur: negara Papua Nugini.
- Utara: Filipina, Malaysia, Singapura
- Barat: India
2. Indonesia sebagai Negara Kesatuan
- Satu pemerintahan pusat memegang seluruh kekuasaan. (Ibukota berada di IKN)
- Satu undang-undang Dasar yang berlaku untuk seluruh wilayah negara. (UUD 1945)
- Satu Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan untuk seluruh rakyat. (di bawah naungan Presiden)
- Satu Badan Perwakilan yang mewakili seluruh rakyat. (MPR, DPR, DPD).
3. Karakteristik daerah dalam NKRI
Petunjuk Pembelajaran:
- Guru akan membuka pembelajaran di kelas
- Siswa wajib absen saat jam pelajaran berlangsung dan mengikuiti pembelajaran dengan aktif
- Guru memberikan tugas dengan membagi beberapa kelompok
- Siswa secara aktif mengerjakan tugas yang telah diberikan secara berkelompok
Tugas:
anak-anak dapat mengerjakan soal dibawah ini secara mandiri.
aspek penilaian pembelajaran hari ini :
- Absensi
- Kefokusan dalam menjawab pertanyaan
- Jawaban siswa
Terimakasih, untuk antusias dalam pembelajaran hari ini. Tetap semangat belajar yaa nak dan tetap jaga kesehatan yaaa......
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Komentar
Posting Komentar