Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik

Mata Pelajaran    : PPKn 

Guru                     : Umigiarini Pangestu 

Jadwal                  : 

Rabu, 07 September  2022 (Kelas 8B)

Kamis, 08 September 2022 ( Kelas 8A, 8C)

Kelas                   : 8A 8B 8C 

Materi : Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik

KD 3.2 Menelaah makna, kedudukan dan fungsi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta peratuan perundangan-undangan lainnya dalam sistem hukum nasional

Tujuan pembelajaran 

Setelah mengukuti kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, dengan metode literasi, eksperimen, praktikum, dan presentasi dengan menumbuhkan sikap menyadari kebesaran Tuhan, sikap gotong royong, jujur, dan berani mengemukakan pendapat, siswa dapat :

v  Memahami keududkan pembukaan UUD negara republik indonesia tahun 1945

v  Mehami hubungan pembukaan dan proklamasi kemerdekaan.


Assalamualaikum selamat pagi anak soleh & soleha. 
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan. Mari kita mulai minggu ini dengan mengucap syukur kepada Allah agar senantiasa nikmat yg telah diberikan bisa menjadi karunia. Rasa syukur kita kepada Allah bisa kita tunjukan dalam bentuk taat beribadah & tetap semangat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yg kita lakukan bisa menjadi ladang Pahala untuk kita semua. aamiin 

Pada pertemuan kelima kita pada minggu ini, ibu akan menjelaskan tentang Menumbuhkan Kesadaran terhadap UUD Negara Republik

A) Kedudukan dan Makna Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

1. Kedudukan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 
Undang-Undang Dasar merupakan hukum dasar yang tertulis, dan sumber hukum tertinggi dalam tata urutan peraturan perundang-undangan di Indonesia. Ada juga atau hukum tidak tertulis yang disebut dengan konvensi. Pembukaan UUD 1945 merupakan uraian terperinci dari Proklamasi Kemerdekaan.

Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental, memuat prinsip-prinsip negara seperti tujuan negara, bentuk negara, dan dasar negara. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki nilai universal dan lestari. Universal artinya diterima oleh bangsa-bangsa beradab di dunia. Lestari adalah mampu menampung dinamika masyarakat dan akan tetap jadi landasan perjuangan bangsa. 

Urutan UUD 1945 sebelum perubahan (amandemen): 
  • Pembukaan 
  • Batang tubuh (pasal-pasal) 
  • Penjelasan 
Sistematika UUD 1945 setelah perubahan (amandemen) menjadi: 
  • Pembukaan (terdiri atas 4 alinea) 
  • Pasal-pasal
2. Hubungan Pembukaan dan Proklamasi Kemerdekaan
Terdapat hubungan yang erat antara pembukaan UUD 1945 dengan teks proklamasi. Pembukaan UUD tahun 1945 merupakan pengukuhan dari pernyataan kemerdekaan bangsa indonesia dan merupakan amanat luhur dari proklamasi kemerdekaan. 

3. Pembukaan Memuat Pokok Kaidah Negara yang Fundamental Pembukaan memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada pasal-pasal, karena Pembukaan merupakan pokok kaidah negara yang fundamental (staats-fundamentalnorm).

Pokok kaidah fundamental yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 antara lain: 
  • pokok-pokok pikiran yang diciptakan dan diwujudkan dalam pasal-pasal UUD. 
  • pengakuan kemerdekaan hak segala bangsa. 
  • cita-cita nasional. 
  • pernyataan kemerdekaan. 
  • tujuan negara. 
  • kedaulatan rakyat. 
  • dasar negara Pancasila. 
Sebagai pokok kaidah negara yang fundamental, syarat Pembukaan: 
  • Berdasar sejarah terjadinya: Pembukaan ditentukan oleh pembentuk negara. PPKI yang menetapkan UUD 1945. 
  • Berdasarkan isinya: Pembukaan memuat asas falsafah negara (Pancasila), asas politik negara (kedaulatan rakyat), dan tujuan negara. 
  • Pembukaan menetapkan adanya suatu UUD Negara Republik Indonesia.
4. Makna Alinea dalam Pembukaan UUD Negara RI 1945 
  1. Alinea pertama, Alinea pertama pembukaan UUD 1945 memuat dalil subyektif, yaitu aspirasi bangsa Indonesia sendiri untuk bebas dan melepaskan diri dari penjajahan. Alinea pertama juga mengandung dalil objektif, yakni menyebutkan pernyataan di atas dunia harus dihapuskan karena bertentangan dengan hak asasi manusia. 
  2. Alinea kedua, Alinea kedua pembukaan UUD 1945 mengandung cita-cita proklamasi kemerdekaan, yaitu menuju rakyat yang merdeka, bersatu, berdaulat, serta mewujudkan masyarakat adil dan makmur. 
  3. Alinea ketiga pembukaan UUD 1945 mengandung makna dari proklamasi yang luhur, tentang hak atas kemerdekaan. Alinea ketiga juga mengandung motivasi relijius, yaitu pengakuan bangsa bahwa kemerdekaan Indonesia terwujud berkat rahmat Tuhan Yang Maha Esa. 
  4. Alinea keempat mengandung makna : Tujuan negara yang akan diwujudkan oleh pemerintah negara. Ketentuan diadakannya UUD. Bentuk negara, yaitu bentuk republik yang berkedaulatan rakyat. Dasar negara, yakni Pancasila.
Petunjuk Pembelajaran: 
  1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran sebagai sikap disiplin 
  2. Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya,  mengingatkan kembali materi dengan bertanya, misalnya Materi yang akan dipelajari oleh siswa adalah:  Kedudukan pembukaan UUD negara republik indonesia tahun 1945 dan Hubungan pembukaan dan proklamasi kemerdekaan 
  3. Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  sedang berlangsung 
  4. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4 orang. 

Tugas: 
  • Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi/gambar yang terdapat pada buku siswa atau yang disajikan oleh guru  dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran, Peserta didik  mengajukan pertanyaan berdasarkan hasil pengamatan terhadap masalah yang dikaji misalnya :  
  • Peserta didik diminta untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari   Kedudukan pembukaan UUD negara republik indonesia tahun 1945 dan Hubungan pembukaan dan proklamasi kemerdekaan. Contoh; Kedudukan apakah yang berhubungan dengan pembukaan UUD dan proklamasi kemerdekaan? 
  • Satu di antara peserta didik dari wakil kelompok diminta menuliskan rumusan pertanyaan di papan tulis.

Penilaian :
- Absensi 
- Keaktifan dalam bertanya & menjawab pertanyaan yg diberikan 

Terimakasih, tetap semangat belajar nak dan tetap jaga kesehatan yaaa......

Wassalamualaikum wr. wb..


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman Agama dan Keragaman ras dan antargolongan (6 Februari 2025)

Keragaman Antargolongan (Kelas VII) 13 Februari 2025

Evaluasi Remedial dan Pengayaan