Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda (KELAS VIII) 14 FEBRUARI 2025

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN PANCASILA

KELAS : VIII (DELAPAN) - A 

GURU PENGAMPU : UMIGIARINI PANGESTU, M.Pd

WAKTU PEMBELAJARAN : 14 Februari 2025

Capaian Pembelajaran : 

Peserta didik mempelajari  Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda, Sejarah Lahirnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda,  Nilai-Nilai Luhur dalam Sumpah Pemuda, Sumpah Pemuda dan Kontribusi di Era Reformasi.

Tujuan Pembelajaran : 

  1. Peserta didik mampu menceritakan latar belakang semangat kebangkitan nasional dan Sumpah Pemuda.
  2. Peserta didik mampu mempraktikkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
  3. Peserta didik mampu mensyukuri persatuan Bangsa Indonesia sebagai bentuk karunia Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Peserta didik mampu menuliskan rencana kontribusi bagi bangsa dan negara serta peta jalannya sebagai perwujudan spirit Sumpah Pemuda di era reformasi.

Assalamualaikum selamat pagi anak soleh & soleha. 

Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu diberikan kesehatan. Mari kita pembelajaran kita hari ini dengan mengucap syukur kepada Allah agar senantiasa nikmat yg telah diberikan bisa menjadi karunia. Rasa syukur kita kepada Allah bisa kita tunjukan dalam bentuk taat beribadah & tetap semangat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yg kita lakukan bisa menjadi ladang Pahala untuk kita semua. aamiin 

Pada pertemuan kita hari ini, ibu akan menjelaskan tentang Sejarah Lahirnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda dan Nilai-Nilai Luhur dalam Sumpah Pemuda.









Petunjuk Pembelajaran:

  1. Guru akan membuka pembelajaran di kelas 
  2. Siswa wajib absen  saat jam pelajaran berlangsung dan mengikuiti pembelajaran dengan aktif 
  3. Guru memberikan tugas 
  4. Siswa secara aktif mengerjakan tugas yang telah diberikan 
tugas: 
  1. Pada sebuah sekolah terdapat organisasi siswa OSIS, MPK, PMR, dan Pramuka. Suatu hari, organisasi-organisasi sekolah mengadakan rapat kerja bersama. Setiap organisasi menyampaikan program kerjanya masing-masing. Ternyata didapati tumpang tindih program kerja antara organisasi-organisasi tersebut. Namun, setiap organisasi bersikukuh tidak mau mengurangi, apalagi menghilangkan program kerjanya. Rapat kerja pun deadlock (terkunci). Bila kalian dimintai pendapat, bagaimana pendapat kalian sebagai solusi dan titik temu dari persoalan di atas?
  2. Ketua RW mengadakan program pengaspalan jalan warga atas bantuan pencairan dana desa. Pengaspalan meliputi lima RT. Semua warga perwakilan RT datang bergotong-royong dan bekerja sama membersihkan jalanan yang akan diaspal. Hanya, ada satu RT yang tidak ada perwakilan warganya. Usai pengaspalan selesai, ketua RT yang tidak mengirimkan perwakilan warganya tersebut, menyampaikan protes karena pengaspalan di wilayah RT-nya kurang rapi, tidak seperti RT-RT lainnya. Jika kalian menjadi Ketua RW, bagaimana cara kalian menyelesaikan persoalan di atas?
  3. Indonesia adalah negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia di bawah Kanada. Panjangnya mencapai 99.093 kilometer. Namun, faktanya Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam. Menurut analisis kalian, apa faktor yang menyebabkan Indonesia masih menjadi negara pengimpor garam? Sebagai generasi muda, apa pemikiran yang kalian tawarkan untuk mengatasi gap antara produksi dan kebutuhan konsumsi garam?

Terimakasih, untuk antusias dalam pembelajaran hari ini. Tetap semangat belajar yaa nak dan tetap jaga kesehatan yaaa......

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman Agama dan Keragaman ras dan antargolongan (6 Februari 2025)

Keragaman Antargolongan (Kelas VII) 13 Februari 2025

Evaluasi Remedial dan Pengayaan