(PAI.VIII.31.7.2025) Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan

MATA PELAJARAN                : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NAMA GURU                          : Umigiarini Pangestu, M.Pd

KELAS                                      : VIII (Delapan)

ELEMEN                                   : Al-Qur’an dan Hadis

MATERI                                     : Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga 

                                                    Kehidupan

PERTEMUAN                             : 4 (Keempat)

JAM KE                                       : 10.00 - 11.30

METODE                                     : metode tutor sebaya dan metode the power of two, 

MEDIA/ALAT PERAGA             : LCD proyektor, komputer/laptop, jaringan internet, dan lain-lain

CAPAIAN PEMBELAJARAN    : 

Peserta didik memahami ayat Al-Qur’an dan hadis tentang  pentingnya iman, takwa, toleransi,  cinta tanah air, semangat  keilmuan dan sabar dalam  menghadapi musibah dan ujian.

TUJUAN PEMBELAJARAN     :

Peserta didik dapat membaca Q.S. ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az- Zukhruf/43:13 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalalah, dengan benar serta terbiasa membaca al-Qur’an dengan disiplin.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat pagi anak soleh & soleha. 

Bagaimna kabarnya hari ini semoga selalu diberikan keberkahan. aamiin yaarabbal aalamiin. 
alhamdulillah, dengan mengucap sykur kepada Allah agar senantiasa nikmat yg telah diberikan bisa menjadi karunia. Rasa syukur kita kepada Allah bisa kita tunjukan dalam bentuk taat beribadah & tetap semngat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yg kita lakukan bisa menjadi ladang Pahala untuk kita semua. aamiin yaaRabbal aalamiin.. 

Pada awal pertemuan kita ini, tak terasa kalian sudah dikelas VIII, jaga semangat dan imannya yaa nak.. hari ini sebelum kita mempelajari tentang "Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan". miss ingin, kita merefleksi/muhasabah diri yaa nak.. 

Lampiran materi
siswa yang budiman, tahukah kalian bahwa Islam memberikan perhatian dan kepedulian yang besar terhadap kelestarian alam? Ada beberapa ayat al-Qur’an dan hadis yang memberikan inspirasi kepada umat Islam agar menjaga dan melestarikan alam ciptaan Allah Swt. Ayat-ayat dan hadis itu akan kalian pelajari pada bab ini. Namun, sebelum mempelajari maknanya, kalian harus terlebih dahulu belajar membacanya dan mengetahui artinya. 1. Belajar Membaca Al-Qur’an dengan Fasih Siswa yang budiman , tentu kalian sudah tahu tentang ilmu tajwid. Ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membunyikan atau melafalkan huruf-huruf yang terdapat dalam al-Qur’an. Dengan mempelajari ilmu tajwid, kalian dapat membaca al-Qur’an dengan benar. Pada bab I ini, kalian akan mempelajari kaidah tajwid tentang cara membaca lam jalālah dan ra. Setelah belajar tentang kaidah bacaan lam jalālah dan ra, diharapkan dapat digunakan untuk membaca ayat-ayat al-Qur’an dan hadis Nabi tentang pelestarian alam, yakni Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14: 32, dan azZukhruf/43:13. Lam jalālah adalah huruf lam yang terdapat pada lafal “Allah” Swt. Ada dua cara dalam membaca lam jalālah.

  1. Bacaan Tafkhīm Tafkhīm adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara atau bacaan tebal. Bacaan tafkhīm dibaca dengan cara mengucapkan huruf di bibir sambil menjorokkan ke depan. Lam jalālah dibaca tafkhīm apabila berada di awal kalimat, setelah harakat fatah, atau setelah harakat damah.
  2. Bacaan Tarqīq Tarqīq adalah membunyikan huruf-huruf tertentu dengan suara atau bacaan tipis. Bacaan tarqīq dibaca dengan cara mengucapkan huruf dibibir agak mundur sedikit dan tampak agak meringis.  Lam jalālah dibaca tarqīq apabila berada setelah harakat kasrah.

sebagaimana lam jalālah, ada huruf ra juga bisa dibaca secara tafkhīm ataupun tarqīq. a. Huruf ra dibaca tafkhīm apabila berharakat fatah, damah, sukun yang didahului huruf berharakat fatah, atau sukun yang didahului harakat damah.
setelah membaca kaidah tajwid tentang lam jalālah dan ra, tentu kini kalian sudah memahami cara membacanya. 

Tugas: Praktikkan dalam bacaan Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 berikut!


Aspek penilaian pembelajaran hari ini : 

  1. Absensi 
  2. Kefokusan dalam menjawab pertanyaan
  3. Jawaban siswa

Terimakasih, untuk antusias dalam pembelajaran hari ini. Tetap semangat belajar yaa nak dan tetap jaga kesehatan yaaa......

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keragaman Agama dan Keragaman ras dan antargolongan (6 Februari 2025)

Keragaman Antargolongan (Kelas VII) 13 Februari 2025

Evaluasi Remedial dan Pengayaan