PP. VIII.28.10.2025 ("Tata Negara dan Pemerintahan")

MATA PELAJARAN                : PENDIDIKAN PANCASILA

NAMA GURU                         : Umigiarini Pangestu, M.Pd

KELAS                                    : VIII (Delapan)

ELEMEN                                 : PENDIDIKAN PANCASILA

MATERI                                   : Tata Negara dan Pemerintahan

PERTEMUAN                             : 2 (Dua)

JAM KE                                       : 10.00 - 11.30

METODE                                     : tanya jawab dan discovery learning

MEDIA/ALAT PERAGA             : LCD proyektor, komputer/laptop, jaringan internet, dan lain-lain

CAPAIAN PEMBELAJARAN    : 

Pada  fase  ini,  peserta  didik  memahami  sejarah  kelahiran Pancasila;  menerapkan  nilai-nilai  Pancasila;  menerapkan norma  dan  aturan;  mengidentifikasi  keberagaman  suku, agama,  ras,  dan  antargolongan  dalam  bingkai  Bhinneka Tunggal  Ika,  menerima  keberagaman  dan  perubahan budaya  dalam  kehidupan  bermasyarakat  lokal,  nasional, dan  global;  memahami  kedudukan  Pancasila;  memahami sejarah,  fungsi,  dan  kedudukan  Undang-Undang  Dasar Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945;  memahami  tata urutan  peraturan  perundang-undangan;  memahami pentingnya  pelestarian  tradisi,  kearifan  lokal,  dan  budaya; mengidentifikasi  wilayah  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia  dalam  konteks  wawasan  Nusantara; mengidentifikasi  hubungan  Pancasila  dengan  Undang-Undang  Dasar  Negara  Republik  Indonesia  Tahun  1945, Bhinneka  Tunggal  Ika,  dan  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia;  menganalisis  hak  dan  kewajiban  warga  negara; mempraktikkan kemerdekaan berpendapat; menumbuhkan sikap  tanggung  jawab  dan  berperan  aktif  menjaga  dan melestarikan praktik tradisi, kearifan lokal, dan budaya; dan berpartisipasi  aktif  menjaga  keutuhan  wilayah  Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

TUJUAN PEMBELAJARAN     :

  • Peserta didik mampu menyadari pentingnya fungsi lembaga penyelenggara negara dan sistem pemerintahan dalam menjalankan negara.
  • Peserta didik mampu membedakan kewenangan pemerintahan pusat, provinsi, kabupaten dan kota.
  • Peserta didik menunjukkan sikap disiplin mematuhi peraturan daerah sebagai bentuk pengamalan ajaran agama.
  • Peserta didik menunjukkan sikap berjiwa besar sebagai meneladani sikap para pemimpin Daerah Swapraja.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat pagi anak soleh & soleha. 
Bagaimna kabarnya hari ini semoga selalu diberikan keberkahan. aamiin yaarabbal aalamiin. 
alhamdulillah, dengan mengucap sykur kepada Allah agar senantiasa nikmat yg telah diberikan bisa menjadi karunia. Rasa syukur kita kepada Allah bisa kita tunjukan dalam bentuk taat beribadah & tetap semngat dalam menuntut ilmu. Semoga apa yg kita lakukan bisa menjadi ladang Pahala untuk kita semua. aamiin yaaRabbal aalamiin.. 

Pada awal pertemuan kita ini, tetap jaga semangat dan imannya yaa nak.. hari ini kita mempelajari tentang "Tata Negara dan Pemerintahan" yang bisa disimak sebagai panduan:

Setiap negara pasti memiliki lembaga penyelenggara negara dalam menjalankan pemerintahan, termasuk Indonesia. Indonesia memiliki tiga lembaga penyelenggara negara yaitu: 

- Legislatif Lembaga legislatif adalah lembaga negarayang berwenang membuat undang-undang untuk menjalankan negara, yakni DPR. 

- Eksekutif Lembaga eksekutif adalah lembaga negara yang menjalankan negara berdasarkan undnag-undang, yakni Presiden dan Wakil Presiden.

 - Yudikatif Lembaga yudikatif adalah lembafa negara yang mengadili pelanggaran terhadap undang-undang dalam menjalankan negara, yakni Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi. Indonesia mengalami penyesuaian dalam lembaga penyelenggara negara akibat dari amandemen UUD 1945. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(PP.VIII.16.9.2025) Berani Menjalankan UUD NRI Tahun 1945 di Lingkungan Tempat Tinggal

Keragaman Agama dan Keragaman ras dan antargolongan (6 Februari 2025)

Keragaman Antargolongan (Kelas VII) 13 Februari 2025